SMS/Telp   085363359962

Home » Tempat Wisata » Siapa tahu berapa jumlah anak tangga Janjang 40 ?

Siapa tahu berapa jumlah anak tangga Janjang 40 ?

Janjang Ampek Puluah

Jika bercerita tentang objek wisata di Kota Bukittinggi memang tidak pernah habis. Ada saja tempat yang berkesan didalam pikiran, apabila seseorang menyebut kota ber-icon wisata Jam Gadang ini. Tapi pernah kah terpikirkan oleh kita salah satu tempat wisata yang sekaligus menjadi saksi sejarah perekonomian kota Bukittinggi tersebut ? Yaitu Janjang 40 (baca: Janjang Ampek Puluah) adalah leretan anak tangga yang menghubungkan antara Pasar Atas dengan Pasar Bawah dan juga Pasar Banto.

Terletak di Kelurahan Benteng Pasar Atas, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Janjang 40 sampai saat ini masih berdiri kokoh. Dibangun pada tahun 1908 pada saat Louis Constant Westenenk menjabat sebagai Asisten Residen Agam. Pada saat itu, pemerintahan Hindia-Belanda berupaya menghubungkan setiap pasar di Bukittinggi dengan jenjang untuk penataan pasar. Adapun jenjang lainnya adalah Janjang Gudang, Janjang Kampuang Cino, Janjang Pasa Lereang yang dihubungkan dengan Janjang Gantuang. Pada saat itu, Jajang Gantuang adalah jembatan penyebrangan pertama yang dibangun di Indonesia

Siapa tahu berapa jumlah anak tangga Janjang 40 ?

Janjang 40 berada dibelakang Pasar Atas, apabila kita melihat dari arah Jam Gadang. Jumlah anak tangganya pun bukan 40, melainkan 100 buah anak tangga. Sedangkan nama 40 dipakai karena jumlah anak tangga yang berada pada bagian paling curam pada jenjang ini, yaitu yang berada di bagian paling atas, berjumlah 40 buah. Jika anda ingin berkunjung ke tempat ini, silahkan persiapkan tenaga ekstra untuk menaikinya.

The following two tabs change content below.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *