SMS/Telp   085363359962

Home » Tempat Wisata » Rumah Kelahiran Sang Proklamator, Bung Hatta

Rumah Kelahiran Sang Proklamator, Bung Hatta

rumah kelahiran bung hatta

Siapa yang tidak kenal dengan Bung Karno dan Bung Hatta, bapak Proklamator Indonesia. Jika Bung Karno punya Blitar sebagai tempat peristirahatannya, Bung Hatta pun juga punya, yaitu Bukittinggi. Ya, disanilah rumah kelahiran Bung Hatta.

Jam Gadang merupakan landmark yang wajib disinggahi oleh pelancong yang datang ke Bukittinggi. Tetapi ada objek wisata lain yang sering terlupakan. Rumah kelahiran Bung Hatta. Benar, kota Bukittinggi adalah tempat kelahiran bung Hatta. Nama asli beliau adalah Muhammad Athar tapi lebih populer dipanggil Bung Hatta.

Rumah Kelahiran Sang Proklamator, Bung Hatta

Beliau lahir di Bukittinggi, yang dulunya masih bernama Fort de Kock, Hindia Belanda, tepatnya tanggal 12 Agustus 1902. Rumah kelahirannya pun tidak jauh dari landmark kota Bukittinggi, Jam Gadang. Dengan berjalan kaki menyusuri Pasar Lerang, lalu turun terus  ke bawah, maka kita akan menemukan rumah kelahiran Sang Proklamator

Saat ini rumah Bung Hatta, yang dirawat dan dikelola oleh pemerintah Kota Bukittinggi, terlihat masih tegak berdiri. Kondisinya pun tergolong antik. Sederhana dan sejuk, menjadi suasana yang terpancar selalu dari rumah ini. Setiap bagian yang tampak di rumah ini, seakan membawa kita ke masa di saat Bung Hatta dan keluarga masih menetap disini.

Pemerintah Kota Bukittinggi sudah menetapkan rumah Bung Hatta sebagai benda cagar budaya. Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk dapat mengunjungi tempat ini. Cukup memberikan sumbangan sukarela kepada penjaga rumah kemudian tuliskan nama kita pada buku tamu yang telah tersedia. Tunggu apa lagi, mari berakhir pekan ke Kota Bukittinggi dengan mengunjungi tempat wisata berupa rumah Sang Proklamator.

The following two tabs change content below.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *