SMS/Telp   085363359962

Home » BukittinggiKu » Pangan Nusa dan Pameran Produk Dalam Negeri 2015 ajang UKM unjuk Gigi

Pangan Nusa dan Pameran Produk Dalam Negeri 2015 ajang UKM unjuk Gigi

Pangan Nusa & Pameran Produk Dalam Negeri 2015

Pangan Nusa dan Pameran Produk Dalam Negeri 2015

Srie Agustina selaku Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri berkesempatan hadir di Kota Bukittinggi, dalam rangka membuka acara Pangan Nusa (PN) dan Pameran Produk Dalam Negeri (PPDN) 2015 yang bertempat di Lapangan Kantin pada kota yang mendapat julukan Dream Land of Sumatera tersebut.

Srie Agustina Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri

Sambutan Srie Agustina – Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri

Dengan diadakannya kegiatan ini, beliau berharap, penggerak Usaha Kecil Menengah (UKM) akan semakin mandiri serta memiliki daya saing sehingga menghasilkan produk yang tidak hanya handal di dalam negeri tetapi mampu bersaing di luar negeri.

Pegelaran Produk Nusantara

Selain menampilkan pameran produk dalam negeri, panitia PN dan PPDN juga menggelar aneka produk sumber daya alam daerah, seperti sayur dan buah. Bukan itu saja, produk olahan seperti sambal nusantara, jamu tradisional, serta kopi dan teh Nusantara ikut andil dalam kegiatan ini.

Pagelaran Produk Nusantara di PPN dan PPDNR 2015 Bukittinggi

Pagelaran Produk Nusantara di PPN dan PPDNR 2015 Bukittinggi

Tidak ketinggalan, lomba masak makanan dan minuman khas daerah, juga meramaikan rangakian acara dalam kegiatan PN dan PPDN 2015. Pesertanya pun beragam, yaitu terdiri dari 4 provinsi, antara lain Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Sumatera Barat.

PPN dan PPDNR diadakan estafet

Tahun ini, kegiatan PN dan PPDN diadakan estafet di beberapa kota, antara lain Gorontalo (31 Mei s/d 3 Juni), Surakarta (7 s/d 10 Agustus) dan terakhir tanggal 8 s/d 11 Oktober akan didakan di Jakarta. Kota Bukittinggi (10 s/d 13 September), yang juga mendapat julukan Londen Van Andalas, karena tekenal dengan landmark Jam Gadang, sebagai tuan rumah acara PPN & PPDNR memiliki semboyan “Saayun Salangkah” yang bermakna keutamaan menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat, terutama dalam membangun ekonomi rakyat berorientasi produk-produk dalam negeri. Tidak ketinggalan, Keripik Pisang Coklat khas Bukittinggi d’Pico Mak Angah, juga ikut dalam perhelatan ini. Dengan stand yang dihiasi atribut promosi berupa standing banner dan back drop, diharapkan dapat memukau hati pengunjung untuk singgah mencicipi dan membawa pulang keripik pisang coklat sebagai oleh-oleh khas Kota Bukittinggi ini.

d'Pico Mak Angah ikut PPN & PPDNR 2015 Bukittinggi

d’Pico Mak Angah ikut PPN & PPDNR 2015 Bukittinggi

Bantuan untuk penggerak UKM

Kementrian Perdagangan didalam kesempatannya menyerahkan bantuan secara simbolis kepada penggerak UKM, berupa 50 unit gerobak dan 35 unit coolbox kepada Kota Pariaman. Bantuan 30 unit tenda kepada Kabupaten 50 Kota. Serta bantuan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) kepada penggerak UKM yang berada di Kota Bukittinggi.

Kementrian Perdagangan menyerahkan bantuan secara simbolis kepada penggerak UKM

Kementrian Perdagangan menyerahkan bantuan secara simbolis kepada penggerak UKM

Pameran ini diikuti oleh 138 peserta yang merupakan penggerak UKM kesemuanya berasal dari 12 provinsi di Indonesia. Mulai dari Sumatera Utara, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Bali, Papua Barat, dan Papua.

Pameran Pangan Nusa dan Pameran Produk Dalam Negeri Regional 2015 ajang UKM unjuk Gigi

The following two tabs change content below.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *