SMS/Telp   085363359962

Home » Tempat Wisata » Museum Zoologi Bukittinggi, wisata sekaligus menambah pengetahuan

Museum Zoologi Bukittinggi, wisata sekaligus menambah pengetahuan

Museum Zoologi Bukittinggi

Datang ke Bukittinggi tidak hanya sekedar menghabiskan waktu dengan berkunjung ke tempat wisata atau berkunjung ke rumah makan yang menawarkan wisata kuliner lezat saja. Berkunjung ke Bukittinggi juga bisa menambah ilmu pengetahuan. Tepatnya di Museum Zoologi, tempat wisata sekaligus menambah pengetahuan khususnya tentang pengetahuan fauna Nusantara.

Museum Zoologi Bukittinggi, wisata sekaligus menambah pengetahuan

Museum yang dibangun pada tahun 2010 oleh pemerintah Kota Bukittinggi ini terletak di objek wisata Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) atau lebih dikenal dengan kebun binatang. Bangunannya persis disebelah barat TMSBK, tepat disebelah bangunan berbentuk ikan raksasa yang unik. Didepan gedungnya terdapat pula patung harimau sumatera yang begitu sangar. Sehingga siapa saja yang berkunjung ke kebun binatang, pasti dapat dengan mudah menemukan gedung museum ini.

Jika berkunjung ke museum ini, anda cukup membayar tiket masuk senilai Rp. 1.000,- saja. Dengan biaya semurah itu, kita sudah bisa menikmati suguhan yang menarik. Karena didalam museum terdapat berbagai jenis fauna yang ada di Indonesia, dengan total lebih 2000 jenis hewan yang dipamerkan. Seperti Harimau Sumatera, Burung Kasuari, Kanguru Tanah, Buruang Kuau, Harimau Dahan dan tidak ketinggalan, hewan khas Indonesia yaitu Orang Utan. Eiits, tunggu dulu, binatang yang dipamerkan merupakan binatang yang telah mati lalu diawetkan. Semua aneka koleksi hewan yang terdapat didalam museum ini disusun rapi yang kemudian diletakkan di dalam kotak kaca sehingga pengunjung dapat dengan mudah melihatnya. Bukan itu saja, selain memamerkan replika binatang, museum ini juga memamerkan berbergai macam benda-benda sejarah lainnya.

Selain harga tiket yang sangat murah, petugas yang berada dimuseum ini juga ramah. Mulai pada saat kita memasuki museum, kita sudah mendapat pelayanan yang menyenangkan. Sapaan yang lemah lembut ketika menawarkan karcis masuk, menambah nilai tambah museum ini. Bukan itu saja, petugas museum yang melayani pengunjung juga sangat interaktif. Jika ada pengunjung yang bertanya terkait informasi tentang patung binatang yang dipajang, maka dengan siap sedia petugas memberikan penjelasan yang mudah dimengerti. Setiap pertanyaan yang diajukan pun, selalu dijawab dengan lugas dan gamblang. Semoga saja semua pelayanan petugas yang berada disetiap tempat pelayanan publik, seperti di kantor lurah, kantor camat, termasuk museum yang ada di Indonesia, dapat mencontoh pelayanan petugas yang ada di museum ini.

Pemerintah berharap museum ini selain menjadi wahana pendidikan dan pembentukan museum scientific bawah tanah, juga bisa menambah retribusi di TMSBK serta dapat meningkatkan pelayanan pariwisata yang terdapat di Kota Bukittinggi. Jadi, jangan lupa ajak keluarga anda berkunjung ke Museum Zoologi Bukittinggi, selain mendapat hiburan, anda sekeluarga juga bisa menambah ilmu akan fauna di Indonesia. Lebih dari 80% yang ada disini adalah pengetahuan, sehingga pada saat kembali sehabis liburan, otak kita penuh penuh dengan cerita bermanfaat yang akan disampaikan lagi untuk kerabat disana.

Museum Zoologi Bukittinggi, wisata sekaligus menambah pengetahuan

The following two tabs change content below.

Komentar

3 Responses so far.

  1. cumilebay.com mengatakan:

    Oh ada museum juga di bukit tinggi, jadi bukan ngarai ama jam gadang aja yaaa hehehe

  2. […] harimau ini agar jinak kepada pengunjung. Dengan kejadian ini, total Harimau Sumatera yang mati di kebun binatang Bukittinggi bertambah menjadi lima […]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *