SMS/Telp   085363359962

Home » Wisata Kuliner » Martabak Kaka, kuliner Bukittinggi yang patut dicoba

Martabak Kaka, kuliner Bukittinggi yang patut dicoba

martabak-kakaApa yang terlintas dipikiran anda ketika ditanya tentang kuliner asal Kota Bukittinggi ? Pasti yang terpikir adalah Nasi Kapau dan minumnya Teh Talua. Namun, ada suatu kuliner yang luar biasa nikmatnya dan keberadaannya sudah sejak tahun 1920, yaitu Martabak Kaka.

Kita akui bahwa Kota Bukittinggi yang berada di Sumatera Barat tidak pernah bosan untuk dikunjungi. Selain Jam Gadang, terdapat pula beberapa tempat menarik seperti Ngarai Sianok, Lobang Jepang, dan Jembatan Limpapeh. Kota Bukittinggi juga kaya akan wisata kuliner. salah satunya martabak mesir ‘Kaka’, dari siang sampai malam, gerainya selalu penuh pengunjung. Tidak hanya diramaikan oleh para wisatawan, tapi warga lokal yang setia menyantap martabak mesir tersebut juga turut memadati.

Martabak Kaka, kuliner Bukittinggi yang patut dicoba

Gerai Martabak Kaka berada di pertigaan, yang tidak jauh dari area Jam Gadang. Pada tahun 1923, seorang India yang tinggal di Bukittinggi membuka gerai ini. Resep martabak nya pun dibewariskan turun-temurun. Sampai saat ini, keturunannya lah yang meracik martabak satu per satu. Memiliki luas bangunan yang tidak terlalu besar, hanya terdapat beberapa meja untuk makan di tempat dan bangku panjang untuk menunggu pesanan yang akan dibawa pulang. Martabak Kaka memiliki 2 jenis martabak, yakni martabak telor biasa yang dijual seharga Rp 15.000 dan martabak telor bebek yang dijual seharga Rp 17.000 per porsinya.

Bukan saja resep yang diwariskan secara turun temurun, proses memasak Martabak Kaka pun masih menggunakan tungku kayu. Yang pasti, proses memasak yang masih tradisional ini sangat berpengaruh terhadap rasa martabak. Martabak dihidangkan dengan acar dan kuah cuka pedas. Rasanya sudah pasti sangat nikmat ! Hangatnya martabak berpadu sempurna dengan kuah cuka yang sengaja diracik agak pedas. Tidak heran banyak orang mengantre demi seporsi martabak legendaris ini.

The following two tabs change content below.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *