SMS/Telp   085363359962

Home » Wisata Kuliner » Kerupuk Leak alias Kerupuk Siram alias Kerupuk Kuah, jajanan khas Jam Gadang

Kerupuk Leak alias Kerupuk Siram alias Kerupuk Kuah, jajanan khas Jam Gadang

Kerupuk Leak alias Kerupuk Siram alias Kerupuk Kuah jajanan khas Jam Gadang

Cerita tentang Kota Bukittinggi memang tidak ada habisnya. Kota yang memiliki destinasi wisata lebih dari satu ini, baik itu Pendidikan, Perdagangan, dan maupun Pariwisata, tidak pernah sepi dari kunjungan para pelancong, lokal maupun luar negri. Begitu juga dengan cara menikmatinya. Biasanya jika berkunjung ke Jam Gadang, anda hanya bisa menikmatinya dengan berfoto dengan latar land mark kota tersebut. Tapi pernahkah anda menikmatinya dengan menyantap kerupuk leak alias kerupuk kuah alias kerupuk siram yang gurih ini ?

Kerupuk Leak alias Kerupuk Siram alias Kerupuk Kuah, jajanan khas Jam Gadang

Kerupuk Leak atau kerupuk siram atau kerupuk kuah adalah menu jajanan pinggir jalan yang biasanya ada dikampung-kampung atau sewaktu bulan Ramadhan. Tapi seiring berjalannya waktu, jajanan ini sudah mulai banyak yang menggelarnya. Terutama ditempat wisata seperti didekat Jam Gadang.

Kerupuk Leak disajikan dengan cara melumuri atau menyirami salah satu bagian permukaan kerupuk dengan kuah kari Sate Padang. Setelah dilumuri, lalu kerupuk ini ditaburi bihun atau mie goreng, yang sebelumnya telah ditumis bersama dengan bumbu khas. Ada juga beberapa pedagang yang menambah sedikit siraman kuah cabe diatas kerupuk leak ini. Bagi yang tidak suka kuah kari, kita bisa meminta kepada penjualnya untuk menyirami kerupuk dengan kuah cabe atau cukup menaburinya dengan mie saja.

Kerupuk Leak terbuat dari ubi kayu yang ditumbuk halus lalu dicetak sedemikian rupa hingga berbentuk lingkaran dengan permukaannya yang luas. Jika di Jawa, kerupuk ini dikenal dengan nama Opak. Namun ada juga pedagang kerupuk leak yang menjadikan kerupuk nasi sebagai sajian utama kerupuk nya. Tapi kerupuk nasi ketika terkena kuah kari Sate Padang akan cepat lembek. Perlu tambahan piring untuk menampungnya. Ribet sih, tapi yang namanya selera pembeli tidak bisa dipaksakan.

Setiap sore menjelang magrib, kita dapat dengan mudah menjumpai penjual kerupuk leak disekitar Jam Gadang. Lebih kurang ada sekitar 10 orang yang menjajakan dagangan makanan khas kampung ini. Mulai dari yang menjajakannya dengan gerobak sampai hanya bermodal tikar plastik. Buk Len, salah seorang penjual kerupuk leak mengakui, para wisatawan sangat suka dengan kerupuk kuah mie ini. Tidak hanya wisatawan lokal, beberapa wisatawan asing pun juga ada yang membeli.

Selain di sekitar Jam Gadang, kerupuk leak juga dapat kita jumpai dibeberapa tempat wisata yang ada di Bukittinggi lainnya, seperti Janjang Koto Gadang. Harganya yang cukup murah, berkisar dari 2.000 sampai 4.000 rupiah, membuat penikmat jajanan kampung ini menjadi ingin tambah dan tambah lagi. Pemberian nama kerupuk leak dikarenakan sewaktu menyantap kerupuk, terkadang kuah kari sate padang jatuh dan melekat ke baju atau celana yang menyantapnya. Dalam bahasa Minang, hal ini disebut dengan leak yang artinya berserakan. Maka tersebutlah kerupuk ini kerupuk leak.

Walau tergolong makanan ringan, kerupuk leak merupakan satu diantara keragaman kuliner khas Nusantara yang patut dilestarikan. Indonesia memiliki makanan khas yang berasal dari berbagai daerah. Kekhasan itulah yang membangun kekayaan kuliner Nusantara. Kakayan kuliner akan terus bertambah karena setiap daerah mempunyai lebih dari satu jenis makanan khas. Hal ini patut menjadi perhatian pemerintah dalam melestarikan makanan khas daerah yang ada di Indonesia. Jadi tunggu apa lagi, sudah kah anda menikmati Kerupuk Leak alias Kerupuk Kuah alias Kerupuk Siram jika berkunjung ke Jam Gadang Bukittinggi ?

Kerupuk Leak alias Kerupuk Siram alias Kerupuk Kuah, jajanan khas Jam Gadang

The following two tabs change content below.

Komentar

8 Responses so far.

  1. Dini mengatakan:

    Ini menggiurkan, unik juga ya. Kalau dilihat dari foto sekilas mirip mie ayam, tapi mienya lebih kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *