SMS/Telp   085363359962

Home » Oleh - oleh » Karupuak Sanjai, buah tangan gurih khas Bukittinggi

Karupuak Sanjai, buah tangan gurih khas Bukittinggi

karupuak sanjai

Kurang rasanya hanya sekedar bercerita sambil memperlihatkan foto yang berpose di depan Jam Gadang untuk membuktikan kalau kita baru pulang dari Kota Bukittinggi. Akan terasa semakin lengkap jika didampingi dengan oleh-oleh khas asal kota sejuk ini. Dari sekian banyaknya kuliner yang cocok dijadikan oleh-oleh, terdapat satu jenis makanan yang menjadi pilihan utama untuk dibawa pulang.

Karupuak Sanjai, buah tangan gurih khas Bukittinggi

Masyarakat Kota Bukittinggi menyebut panganan berbahan dasar singkong ini adalah karupuak, yang kalau diartikan ke bahasa Indonesia adalah keripik. Keripik Sanjai dibagi menjadi tiga rasa. Yaitu tawar tanpa bumbu warnanya putih, asin berwarna kuning dan yang paling populer adalah rasa pedas atau biasa dikenal keripik balado. Dari ketiga jenis rasa tersebut yang paling populer sehingga menjadi khas karena rasanya yang pedas manis adalah keripik balado.

Kata sanjai berasal dari nama jalan atau daerah yang terletak di utara Kota Bukittinggi. Tepatnya di  Desa Manggis, Kelurahan Manggis Ganting Sanjai, Kota Bukittinggi. Hampir seluruh penduduk yang bermukim di daerah tersebut berprofesi sebagai pengrajin keripik singkong. Daerah Sanjai merupakan daerah yang dipercayai sebagai asal persebaran industri keripik singkong di Bukittinggi .

Pembuatan keripik sanjai yang berbahan dasar singkong ini sebenarnya terbilang mudah. Seperti keripik yang berasa asin serta memiliki warna kuning dibuat dengan cara merendamkan potongan keripik singkong ke bumbu yang telah dicampur bersama kunyit, garam, bawang putih, kemudian di goreng. Ada juga keripik singkong yang memiliki rasa pedas karena dibumbui saus gula yang terbuat dari cabe, bawang merah, bawang putih, serta gula pasir. Saus tersebut dioles menggunakan kuas pada permukaan keripik yang sebelumnya telah digoreng setelah itu dikeringkan

Tingginya persaingan antar sesama produsen berdampak munculnya varian rasa baru keripik singkong ini. Ada yang berbentuk stik, kemudian ada juga yang berbumbu cabai kering, selain itu ada juga yang membuat variasi berbahan dasar singkong lainnya yaitu dakak dakak. Keripik singkong yang dipotong seperti dadu dengan ukuran lebih kurang 1 cm kemudian digoreng kering. Semua varian tersebut menambah keragaman cita rasa kuliner khas kota Bukittinggi.

The following two tabs change content below.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *