SMS/Telp   085363359962

Home » Tempat Wisata » Jam Gadang penuh misteri

Jam Gadang penuh misteri

Jam Gadang Penuh Misteri

Jam Gadang Penuh Misteri

Tahukah anda, ternyata ada misteri dibalik kemegahan Jam Gadang. Hingga saat ini misteri tersebut masih banyak yang belum mengetahui dan belum juga terpecahkan. Namun, misteri itu malah semakin menjadikan jam ini sangat istimewa. Apakah misteri itu ?

Disaat waktu menunjukkan pukul 00.00, kami mengunjungi Jam Gadang yang terletak di jantung kota wisata, Bukittinggi. Kedatangan kami bukan tanpa maksud, melainkan agar kami bisa mendengar lonceng jam yang berdentang selama 12 kali dan berkesempatan mengabadikan saat jarum jam dan menit menunjukkan angka 12 pas. Tapi apa daya, kabut menghalangi pemandangan yang sangat kami impikan tersebut. Sehingga kami harus sabar menunggu sampai kabut yang menutupi puncak menara Jam Gadang menghilang.

Pada tahun 1926, bangunan bersejarah yang merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada controleur, yaitu jabatan sekretaris Kota Bukittinggi pada saat itu, didirikan. Faktanya, Jam Gadang sebuah tempat wisata di Kota Bukittinggi sekaligus di Sumatera Barat ini memiliki mesin yang sama dengan jam yang ada dibelahan dunia lain. Yaitu di London, Ibu Kota Inggris, tempat dimana menara terkenal Big Ben yang terkenal itu berada.

Jam Gadang juga menjadi saksi bisu sejarah bangsa Indonesia, saat dimana Kota Bukittinggi pernah ditunjuk menjadi ibu kota pemerintahan darurat Republik Indonesia, dikala Jogjakarta dikuasai Belanda pada tahun 1948-1949

Kabut pun berangsur hilang dan kami pun mulai memotret setiap sudut dari Jam Gadang. Terbesit rasa heran dari kami, sekaligus menjadi misteri dibalik dari Jam Gadang, yang merupakan titik nol dari Kota Bukittinggi

Puncak menara pun yang telah mengalami perubahan beberapa kali. Mulai dari jaman Belanda, puncak menara berbentuk bulat dan tepat diatasnya berdiri patung ayam jantan. Kemudian berganti pada jaman Jepang, puncak menara dirubah menjadi kelenteng. Terakhir, setelah Indonesia merdeka, puncak menara dirubah ke bentuk Gonjong rumah adat Suku Minangkabau.

Jam Gadang penuh misteri

Ada satu yang masih bertahan dari jam tersebut dari jaman Belanda hingga sekarang, sekaligus menjadi misteri bagi kami, selain bentuknya yang bulat, angka romawi 4 yang seharusnya tertulis IV namun tertulis adalah IIII. Perhatikanlah !

Kami pun heran, kenapa demikian ? Walaupun sudah bertanya ke beberapa orang yang ada disekitar, tetap tidak ada yang bisa menjelaskan misteri ini. Sama dengan prasasti yang terletak tepat didepan jam ini, juga menyebutkan bahwa ini merupakan keistimewaan Jam Gadang.

The following two tabs change content below.

Komentar

2 Responses so far.

  1. […] sesekali berlibur ke Kota Wisata Jam Gadang ini, jangan lupa sempatkan mencicipi Pical Sikai. Banyak orang terkenal telah berkunjung untuk […]

  2. […] Bukittinggi tidak hanya memiliki kisah Sang Proklamator Bung Hatta atau landmark Jam Gadang yang penuh Misteri bahkan Lobang Jepang yang menawarkan nuansa Horor saja. Tetapi kota ini juga memiliki konsep taman […]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *