SMS/Telp   085363359962

Home » BukittinggiKu » Fly Over Bukittinggi lakukan Uji Coba

Fly Over Bukittinggi lakukan Uji Coba

Fly Over Bukittinggi lakukan Uji Coba

Mulai dari hari Minggu tanggal 11 Januari 2015 kemarin, hingga satu pekan kedepan, jalan layang atau fly over yang berada di kawasan By Pass Aur Kuning Bukittinggi ini dilakukan uji coba pemakaian. Membentang dari depan Fakultas Hukum Aur Kuning sampai simpang lampu merah Istana Mie, fly over Bukittinggi ini sejak akhir Desembar 2014 lalu secara fisik pembangunannya dinyatakan telah rampung.

Fly Over Bukittinggi lakukan Uji Coba

Selama satu minggu, dalam tahap uji coba, para pengguna kendaraan yang melewati kawasan By Pass Aur Kuning dapat mempergunakan jalan layang ini. Sebelum pemakaiannya diresmikan, seluruh kendaraan yang melawati kawasan tersebut dapat menggunakan akses jalan yang merupakan salah satu bentuk usaha Pemerintah Kota Bukittinggi dalam mengatasi kemacetan.

Uji coba penggunaan jalan layang in dilaksanakan oleh Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) II, Satuan Kerja (Satker) Pelakasana Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Sumatera Barat, bersama dengan pihak pelaksana pekerjaan dan Pemerintah Kota Bukittinggi. Pada masa uji coba ini juga dilakukan pengamatan terhadap pengguna jalan, disamping mengevaluasi pengerjaan proyek. Menurut Kepala Satker PJN Wilayah I Sumbar, Dahler, mengatakan sebelum diresmikan pemakaiannya dalam waktu dekat oleh Kementrian PU dan Kementrian Perhubungan, jalan layang, yang bernilai Rp. 98, 6 Miliyar ini, terlebih dahulu dilakukan uji coba penggunaannya.

Selama uji coba ini, dibentuk juga tim yang bertugas melakukan pengawasan selama jalan layang ini digunakan. Tim tersebut terdiri dari Dinas Perhubungan, Polresta, Satpol PP, dan SKPD terkait. Jalan layang ini akan kembali ditutup setelah masa uji coba nya berakhir sampai dengan peresmian efektif penggunaannya. Menurut Dahler, “Uji coba fly over ini dimaksudkan untuk melihat dan melakukan evaluasi kelayakan jalan layang baru ini. Selama jalan ini dibuka untuk uji caba, kita akan lihat kelayakannya sekaligus melakukan evaluasi bagaimana jalan layang di Kawasan Aur Kuning Bukittinggi ini nantinya akan beroperasional secara efektif”

Bapak Walikota Bukittinggi, Ismet Aziz, mengucapkan rasa terimakasihnya kepada pemerintah pusat dan wakil ketua Komisi VII DPR, Mulyadi, yang telah berupaya mengalokasikan dana pembangunan fly over di Bukittinggi ini. Tidak lupa juga kepada masyarakat yang telah mendukung dalam bentuk penyerahan lahan untuk pembangunan proyek ini. Sementara itu, sebagai wakil ketua Komisi VII DPR, Mulyadi, menyambut akan hal ini. Beliau berharap ini akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat, pada umumnya Provinsi Sumatera Barat, setelah fly over Kelok Sembilan yang sebelumnya telah beroperasi. “Ke depan, juga kita rencanakan untuk pembangunan terowongan dan jembatan Ngarai Sianok, sekaligus pembangunan Fly Over Padang Luar,” ujarnya.

Semoga saja, fly over Bukittinggi ini bisa membantu masyarakat khususnya dalam bidang transportasi. Kawasan Aur Kuning yang begitu padat dapat ditanggulangi dengan keberadaan jalan layang ini. Diharapkan juga kepada masyarakat untuk dapat mempergunakan fasilitas publik ini dengan se-bijaksana mungkin, karena tanpa hal tersebut jalan layang ini akan menjadi fungsi ganda dan menyalahi aturan yang ada.

Fly Over Bukittinggi lakukan Uji Coba

The following two tabs change content below.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *