SMS/Telp   085363359962

Home » BukittinggiKu » Burung Onta, keluarga baru TMSBK Bukittinggi

Burung Onta, keluarga baru TMSBK Bukittinggi

Burung Onta

Kebun Binatang Bukittinggi atau Taman Marga Satwa & Budaya Kinantan kedatangan penghuni baru yaitu sepasang burung onta. Walaupun masih baru dan masih dalam tahapan karantina, kedua satwa unggas ini mendapat perhatian lebih para pengunjung. Kedua ekor burung onta ini didatangkan langsung dari Taman Mini Indonesia Indah.

Burung Onta, keluarga baru TMSBK Bukittinggi

Kepala Bidang TMSBK, Ikbal, menyampaikan bahwa satwa ini adalah hewan paling besar di dunia dalam keluarga unggas. Ini pertama kalinya TMSBK menghadirkan burung onta kepada pengunjung. Pengunjung juga mengakui belum pernah melihat hewan unggas sebesar ini. Terlebih lagi, direncanakan bulan depan satwa ini telah bisa ditunggangi pengunjung.

Satwa burung onta ini sampai di Bukittinggi pada tanggal 26 Desember 2014 lalu. Masing-masingnya langsung diberi nama. “Maharaja” untuk anak burung onta jantan dan “Maharani” untuk betina. Kedua hewan unggas ini sementara ditempatkan di karantina. Selama masa karantina, kedua unggas ini akan mendapat perawatan yang khusus. Sekaligus dilatih selama satu bulan agar nantinya jika sudah jinak, unggas-unggas ini dapat ditunggani oleh pengunjung TMSBK.

Burung Onta dengan nama latin Ostrich, dalam keluarganya termasuk burung dengan ukuran tubuh paling besar diantara jenis burung lainnya. Burung Onta tidak sama seperti burung yang lain, selain ukurannya yang besar, burung ini tidak bisa terbang. Tetapi bentuk dan ukuran kakinya yang kuat dan panjang, membuat burung ini dapat berlari kencang. Kecepatan maksimal yang dapat ditempuh adalah 65 km/jam. Burung unta berkembang biak dengan cara bertelur. Telur burung unta berbanding 1 : 30 dengan telur ayam. Ukuran telur burung unta adalah ukuran telur terbesar didunia dengan berat mencapai 1,4 Kg dan diameter 15 cm.

Burung Onta ini memakan akar, biji dan dedaunan. Burung ini juga memakan apa saja yang ada disekitarnya, terkadang memakan serangga, hewan melata, bahkan pengerat sekalipun. Sesekali hewan ini menelan kerikil dan pasir. Burung ini memiliki kemampuan untuk menggiling makanan serta dapat memakan makanan yang hewan lain tidak dapat mencernanya.

Burung Onta, keluarga baru TMSBK Bukittinggi

The following two tabs change content below.

Komentar

One Response so far.

  1. […] Seperti dalam hal penambahan satwa, tahun ini TMSBK siap memperkenalkan kepada pengunjung yaitu sepasang anak burung unta yang baru saja diberikan oleh Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Dengan harapan, burung […]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *